7 Langkah Mudah Menjaga Rumah Bebas dari Kecoak

Home Steril
7 Langkah Mudah Menjaga Rumah Bebas dari Kecoak

Daftar Isi

Kecoak adalah salah satu hama rumah yang paling menjengkelkan dan dapat membawa berbagai penyakit. Kehadiran kecoak di rumah seringkali menjadi tanda bahwa ada area yang kotor atau lembap. Untuk memastikan rumah Anda tetap bebas dari kecoak, berikut adalah 7 langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kebersihan dan mencegah hama ini masuk ke dalam rumah.

1. Menjaga Kebersihan Dapur

Dapur adalah tempat yang paling sering menarik kecoak karena banyaknya sisa makanan dan tempat lembap. Pastikan Anda selalu membersihkan dapur setelah memasak, terutama area meja, lantai, dan tempat cuci piring. Jangan biarkan makanan atau remah-remah tersisa di meja karena ini bisa menjadi sumber makanan bagi kecoak.

BACA JUGA : Tips Pencegahan Kecoak yang Harus Kamu Terapkan di Rumah

 

promo blog pest kecoa.gif

2. Menyimpan Makanan dalam Wadah Tertutup

Kecoak bisa masuk ke dalam lemari makanan atau tempat penyimpanan terbuka. Untuk mencegah hal ini, simpan semua makanan, termasuk bahan kering, di dalam wadah tertutup yang rapat. Ini akan menghilangkan akses kecoak ke sumber makanan yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup.

3. Membersihkan Sisa Sampah dan Kotoran

Sampah dapur yang tidak dibuang dengan baik bisa menjadi tempat berkembang biak bagi kecoak. Selalu buang sampah secara teratur dan pastikan tempat sampah tertutup rapat. Bersihkan juga area sekitar tempat sampah jika ada tumpahan atau sisa makanan.

4. Menutup Celah dan Retakan

Kecoak dapat masuk ke rumah melalui celah kecil atau retakan di dinding, lantai, atau jendela. Periksa rumah Anda secara berkala dan tutup semua celah dan retakan yang Anda temukan, terutama di area dapur, kamar mandi, dan tempat penyimpanan. Gunakan bahan penutup seperti dempul atau karet khusus untuk menghalangi akses mereka.

5. Mengurangi Kelembapan

Kecoak menyukai tempat yang lembap. Pastikan Anda mengurangi kelembapan di rumah dengan menjaga sirkulasi udara yang baik. Periksa juga adanya kebocoran di pipa atau keran yang menetes, dan segera perbaiki jika ditemukan. Menggunakan dehumidifier di area yang cenderung lembap seperti kamar mandi dan dapur bisa membantu.

6. Rutin Membersihkan Area yang Jarang Disentuh

Kecoak sering bersembunyi di tempat-tempat yang jarang disentuh seperti di balik lemari, di bawah perabotan, atau di celah sempit. Pastikan Anda membersihkan area-area ini secara rutin untuk menghilangkan sarang kecoak yang mungkin ada. Menyapu dan mengepel lantai, serta membersihkan perabotan secara menyeluruh sangatlah penting.

BACA JUGA : Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi Kecoak yang Tiba-tiba Muncul

7. Menggunakan Jasa Pest Control Profesional

Jika infestasi kecoak sudah parah, atau langkah-langkah di atas tidak cukup, menggunakan pembasmi kecoa profesional bisa menjadi solusi yang efektif. Pest control profesional memiliki peralatan dan bahan kimia yang aman serta efektif untuk mengatasi masalah kecoak dengan cepat dan tuntas. Mereka juga bisa memberikan saran pencegahan lebih lanjut untuk menjaga rumah tetap bebas kecoak.

Untuk layanan pengendalian hama yang terbaik, Anda bisa menghubungi Home Steril dan melihat ulasan pelanggan tentang layanan mereka di Google Maps. Dengan bantuan profesional, rumah Anda bisa tetap bebas dari kecoak dan hama lainnya.

Artikel Terkait

Kategori

Tags:

whatsapp_line Icon description