Cara Simpel Agar AC Tidak Mengeluarkan Bau

Home Steril
Cara Simpel Agar AC Tidak Mengeluarkan Bau

Daftar Isi

Apakah AC di rumah Anda mulai mengeluarkan bau yang tidak sedap? Bau pada AC bisa menjadi tanda adanya masalah pada sistem pendingin atau kurangnya perawatan. Berikut adalah beberapa solusi bau AC yang mudah dilakukan agar Anda bisa menikmati udara yang segar.

Bersihkan Filter AC Secara Rutin

Perawatan AC yang paling mudah dan efektif untuk mencegah bau adalah membersihkan filter secara rutin. Filter yang kotor bisa menyebabkan debu dan kotoran menumpuk, yang akhirnya menghasilkan bau tidak sedap ketika AC dinyalakan. Lakukan pembersihan minimal sebulan sekali.

BACA JUGA : Cara Cegah AC Biar Gak Cepat Rusak

Cek dan Bersihkan Evaporator

Evaporator adalah bagian AC yang sering menjadi tempat tumbuhnya jamur dan bakteri. Kedua hal ini adalah penyebab utama AC mengeluarkan bau. Untuk mencegahnya, pastikan evaporator dibersihkan secara berkala oleh tenaga ahli service AC.

Pastikan Saluran Pembuangan Tidak Tersumbat

Salah satu penyebab lain AC mengeluarkan bau adalah saluran pembuangan yang tersumbat. Air yang seharusnya mengalir keluar dapat tergenang dan menyebabkan bau. Pastikan saluran ini selalu bersih untuk menghindari masalah ini.

Gunakan Pengharum Ruangan Khusus AC

Untuk memberikan aroma segar pada AC, Anda bisa menggunakan pengharum ruangan yang dirancang khusus untuk sistem pendingin udara. Namun, ini hanyalah solusi sementara. Pastikan Anda tetap melakukan perawatan rutin untuk hasil yang lebih optimal.

BACA JUGA : Cuci AC Sendiri, Ini Caranya!

Lakukan Service AC Secara Berkala

Pencegahan terbaik agar AC bau tidak kembali lagi adalah dengan melakukan service AC secara berkala. Teknisi akan memastikan semua komponen berfungsi dengan baik dan membersihkan bagian yang sulit dijangkau.

Jika Anda membutuhkan layanan service AC dengan kualitas terbaik, kunjungi Home Steril dan lihat ulasan pelanggan di Google Maps.

Pada akhirnya, perawatan rutin adalah kunci agar AC tidak mengeluarkan bau dan bekerja dengan efisien sepanjang waktu.

Artikel Terkait

Kategori

Tags:

whatsapp_line Icon description